5 Cara Melenyapkan Garam Tanpa Mengurangi Rasa Masakan

Oktober 10, 2019

5 Cara Melenyapkan Garam Tanpa Mengurangi Rasa Masakan

          Memasak makanan tanpa garam mungkin cukup sulit dilakukan. Apalagi biasanya rasa masakan menjadi berubah kurang sedap ketika memasak tanpa garam. Namun bagi kamu yang sedang dalam proses diet, sebaiknya kamu mulai makan makanan yang mengandung sedikit atau tanpa garam. Garam mengandung natrium yang membuat tubuh menahan lebih banyak air dalam tubuh. Ini bisa terjadi karena cara kerja ginjal yang menyaring limbah dari darah, mempertahankan rasio elektrolit khusus, seperti natrium dengan kalium menjadi air. Artinya, semakin banyak garam yang kamu konsumsi, ginjal menyimpan lebih banyak air dalam tubuh. Efeknya yaitu akan terjadi pembengkakan di daerah tangan, lengan, pergelangan kaki, dan kaki. Kamu bisa melenyapkan garam tanpa mengurangi rasa masakan dengan cara berikut ini:

1. Gunakan Bumbu dan Rempah Segar
          Salah satu cara terbaik untuk menambah rasa pada makanan adalah dengan menggunakan bumbu dan rempah segar. Selain menerapkan bumbu rempah dasar seperti bawang merah atau bawang putih, kamu juga dapat mencoba cilantro, basil, rosemary, dan thyme. Makanan yang kaya akan rempah akan menambah cita rasa dan kamu tetap bisa makan tanpa menggunakan garam.

2. Tambahkan Rasa Pedas
          Saat kamu menambahkan rasa pedas, rasa garam tidak begitu berpengaruh terhadap lidahmu. Tambahkan aneka jenis cabai atau paprika sesuai yang kamu inginkan. Namun cara ini sebaiknya dihindari jika kamu memiliki masalah jantung, sehingga konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

3. Tingkatkan Rasa Asam
          Cara yang baik untuk melenyapkan garam yaitu mengubah cita rasa menjadi lebih asam. Kamu bisa mencoba memasak dengan menambahkan sedikit cuka, lemon dan jeruk nipis. Selain itu kamu juga dapat menggunakan tomat untuk menambah rasa asam ke dalam masakan.

4. Hindari Makanan Olahan dan Kemasan
          Makanan yang dipanggang, bumbu, minuman, makanan kaleng, dan bahkan makanan beku memiliki banyak kandungan natrium. Hindari makanan tersebut saat kamu memasak karena makanan olahan dan kemasan memiliki kandungan garam yang tinggi. Sebaiknya kamu menggunakan bahan makanan yang segar seperti sayuran dan daging segar.

5. Beli Makanan Organik
          Membeli bahan-bahan organik atau yang ditanam secara lokal memastikan bahwa makanan memiliki kandungan nutrisi tertinggi dan kaya akan rasa. Makanan yang ditanam secara konvensional biasanya ditanam di tanah yang mengandung nitrogen lebih tinggi yang meningkatkan rasa.




Dan juga Beauty Tips

6 Buah dan Sayuran yang Bisa Menimbun Lemak di Pinggang
6 Buah dan Sayuran yang Bisa Menimbun Lemak di Pinggang

November 19, 2019

Makan sayuran dan buah-buahan setiap hari sangatlah bagus bagi kesehatan tubuh. Semakin banyak kamu makan buah dan sayur, metabolisme tubuh akan

Baca lebih banyak

Tips Pakai Skin Care untuk Kamu yang Lagi Sakit
Tips Pakai Skin Care untuk Kamu yang Lagi Sakit

November 19, 2019

Wajah pucat tapi harus tetap pergi ke pertemuan penting? Meskipun wajahmu pucat, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan skin care lho! Inilah tips

Baca lebih banyak

Ternyata Ini Lho Manfaat Kesehatan dari Memakai Sandal Refleksi!
Ternyata Ini Lho Manfaat Kesehatan dari Memakai Sandal Refleksi!

November 19, 2019

Sandal refleksi sudah dipakai sejak zaman Tiongkok kuno untuk menyehatkan tubuh. Tidak banyak orang yang tahu bahwa tekanan tubuh dan beban ditanggung

Baca lebih banyak