5 Bahan Alami Perawatan Kulit ala Yunani Kuno

Oktober 07, 2019

5 Bahan Alami Perawatan Kulit ala Yunani Kuno

Skincare seolah telah menjadi bagian hidup para wanita. Fungsinya, tak sekadar melindungi mereka dari paparan sinar matahari melainkan kebutuhan yang harus dipenuhi dalam mempertahankan kulit sehat. Skincare ada karena orang zaman dahulu juga telah melakukan berbagai perawatan kecantikan kulit menggunakan bahan alami. Salah satu perawatan kulit menggunakan bahan alami yang terkenal hingga kini adalah ala Yunani Kuno. Sejumlah perawatan kulit ini mungkin kamu sudah mengetahuinya atau mencobanya, tapi tidak tahu dari Yunani Kuno.

1. Madu

Sejak Yunani Kuno, madu telah dijadikan masker wajah. Mereka menjadikan madu tidak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh melainkan perawatan kulit dan rambut. Kandungan polisakarida pada madu bekerja layaknya spons yang mampu menyerap kadar air di udara ke dalam kulit. Sifat hydro-retensive madu membantu mempercepat produksi kolagen hingga membuat kulit menjadi lembut dan kenyal. Salah satu jenis madu asli Yunani disebut madu thyme yang memiliki kandungan vitamin tinggi, asam amino, dan flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan serta melembabkan kulit kering.

2. Garam laut

Garam laut tak hanya dimanfaatkan sebagai kebutuhan dapur, tetapi bermanfaat untuk kecantikan kulit. Masyarakat Yunani Kuno dan Mesir menjadikan garam laut sebagai eksfoliator alami. Mereka biasanya mencampurkannya dengan minyak zaitun sebagai eksfoliasi wajah dan tubuh. Garam laut juga bermanfaatkan untuk detoks, mengangkat sel kulit mati serta racun pada kulit, mengontrol produksi minyak, hingga mencegah jamur kulit berkat sifat antiseptiknya.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggl, vitamin E, polyphenol, phytosterols, oleic acid, hingga squalene yang bemanfaat sebagai pelembab. Perempuan Yunani Kuno bahkan mengkamulkannya untuk mempertahankan elastisitas kulit agar tampak awet muda dan terlindungan dari radikal bebas.

4. Yogurt

Produk olahan susu ini berasal dari Yunani yang dimanfaatkan masyarakatnya sejak ribuan tahun lalau untuk merawat kecantikan kulit. Bahkan, mereka membersihkan kulit dari tumpukan sel kulit mati serta menyamarkan tampilan pori-pori besar dengan yogurt. Bentuk alami dari lactic acid, yogurt dijadikan peeling karena kandungan AHA di dalamnya. Selain itu, mengandung zink yang digunakan untuk melawan kulit kusam. Campurkan yogurt dan olive oil dengan perbandingan 1:4 sebagai peeling. Aplikasikan ke seluruh wajah dan leher, diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Yogurt juga bisa sebagai perawatan kulit akibat terbakar sinar matahari (sunburn) dan mengatasi jerawat.

5. Pomegranate

Pomegranate atau buah demila memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Masyrakat Yunani Kuno memanfaatkannya sebagai perawatan kulit untuk melawan penuaan dini. Serta, menghidrasi kulit, membantu produksi kolagen, mencegah penuaan dini, hingga melindungi kulit dari paparan sinar matahari.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak