5 Alasan Mengapa Minyak Biji Anggur Bagus untuk Kulit

November 12, 2019

5 Alasan Mengapa Minyak Biji Anggur Bagus untuk Kulit

          Begitu banyak minyak beredar di pasaran sebagai pemecah masalah kulit. Katakan  saja minyak tea tree, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak mawar dan masih banyak lagi. Sepertinya semakin sulit bagi kita untuk menentukan minyak mana yang dibutuhkan untuk kulit. Tidak seperti minyak lain yang mungkin hanya cocok dengan jenis kulit tertentu atau dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, minyak biji anggur adalah minyak ringan yang non-comedogenic. Hal ini menjadi memungkinkan minyak biji anggur cocok untuk sebagian besar jenis kulit termasuk yang sensitif dan rawan jerawat. Manfaat lain dari minyak biji anggur bagi perawatan kulit antara lain:

1. Melembabkan dan Menyeimbangkan Kulit
          Asam lemak linoleat dalam minyak biji anggur dapat terintegrasi ke dalam membran sel untuk memperkuat pertahanan kulit, menghaluskan, dan melembutkan kulit. Sementara itu, vitamin E dalam minyak biji anggur juga dapat mengisi kembali lapisan yang telah hilang (lemak alami kulit yang membantu mempertahankan penghalang pelindung dan mempertahankan kelembaban). Jika kulitmu berminyak, peningkatan kelembaban ini juga akan membantu memperlambat produksi minyak, yang cenderung menyerang ketika kulit menganggapnya terlalu kering.

2. Mengatasi Jerawat
          Minyak biji anggur mengandung asam linoleat tingkat tinggi, asam lemak omega-6 yang dapat membantu mengontrol jerawat dengan mengurangi pori-pori yang tersumbat. Minyak biji anggur juga bersifat anti-inflamasi dan anti-mikroba, sehingga sangat cocok bagi kamu yang memiliki masalah jerawat cukup parah. Selain itu, vitamin E dalam minyak biji anggur dapat membantu mengurangi munculnya jaringan parut jerawat.

3. Mengurangi Peradangan
          Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam linoleat juga memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi peradangan pada lapisan epidermis (atas) dan kulit (tengah) kulit. Kemudian fitosterol (sejenis molekul yang ditemukan pada tumbuhan) dalam biji anggur dapat membantu mengendalikan respons peradangan kulit. Minyak ini menjadi sangat berguna bagi kamu yang memiliki gangguan peradangan seperti eksim atau rosacea.

4. Melindungi dari Radikal Bebas
          Antioksidan yang ditemukan dalam minyak biji anggur, seperti vitamin C, vitamin E, dan proanthocyanidin dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh polusi dan sinar UV pada kulit. Efeknya, kulit akan menjadi lebih halus, kencang dan lebih terlindungi dari kanker kulit.

5. Meminimalkan Garis-garis Halus dan Kerutan
          Selain asam lemak, minyak biji anggur mengandung polifenol, yang membantu melawan penuaan dini. Polifenol telah dikenal tidak hanya memperlambat proses penuaan, tetapi membalikkan tanda-tanda penuaan, seperti bintik-bintik gelap, garis-garis halus, dan kerutan. Minyak juga mengandung sifat astringen alami, sehingga menghasilkan kulit yang tampak lebih kencang.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak