7 Tips Perawatan Rambut yang Diwarnai agar Tidak Mudah Rusak

Juli 01, 2019

7 Tips Perawatan Rambut yang Diwarnai agar Tidak Mudah Rusak

Usai mewarnai rambut, biasanya rambut mengalami kering, pecah-pecah, hingga bercabang. Ini dikarenakan proses pewarnaan rambut bisa merusak rambut akibat paparan zat kimia dari pewarna rambut. Ditambah, jika proses pewarnaan rambut tidak ditangani oleh ahlinya dan kurangnya perawatan. Mewarnai rambut sebenarnya sah-sah saja, asalkan dapat merawatnya dengan benar agar rambut tetap terlihat indah. Cara untuk merawat rambut yang diwarnai, kamu bisa ikuti beberapa tahapan berikut ini:

1. Keramas dengan air dingin

Jika ingin warna rambut awet dan tidak mengalami kerusakan, maka hindari keramas dengan air hangat. Air dingin lebih lembut bagi rambut.

2. Hindari mencuci rambut setiap hari

Rambut yang diwarnai baiknya mengurangi frekuensi keramas rambut. Penggunaan sampo berlebihan dipercaya membuat warna rambut cepat pudar sehingga perlu dicat berulang-ulang untuk mempertahankan warnanya.

3. Hindari sinar matahari berlebih

Terkena sinar matahari berlebih bisa membuat warna rambut pudar, kering, bahkan pecah-pecah dan bercabang. Jika ingin beraktivitas di luar ruangan cukup lama, gunakan pelindung kepala seperti topi atau payung.

4. Pilih shampo khusus untuk rambut diwarnai

Shampoo biasa tidak bisa merawat rambut diwarnai dengan tepat karena kandungannya berbeda. Pilih shampoo khusus untuk rambut diwarnai agar lebih ringan dan bisa merangsang rambut dari dalam. Kemudian, gunakan kondisioner.

5. Pakai masker rambut

Jangan lupa untuk menggunakan masker rambut untuk melembutkan, melembabkan, serta menjaga kesehatan rambut. Gunakan masker rambut setidaknya dua minggu sekali.

6. Kurangi penggunaan hair styling

Rambut yang sudah diwarnai cukup sensitif terhadap alat-alat penataan rambut. Misalnya, hair dryer, alat penglurus, atau pengeriting rambut. Penggunaan hair styling yang terlalu sering dapat menyebabkan rambut kering, mudah patah, dan bercabang. Agar rambut tetap terawat, kurangi pemakaian alat penataan rambut. Jika rambut ingin ditata, sebaiknya aplikasikan serum atau hair protection terlebih dahulu.

7. Potong ujung rambut secara rutin

Ujung rambut rentan terkena kerusakan, seperti patah dan bercabang. Ujung rambut yang sudah rusak sulit mengeluarkan warna, sehingga rambut yang tumbuh kembali mengikuti warna rambut asli. Jika kamu tidak menginginkan hal ini, sebaiknya potong rambut secara rutin setiap tiga bulan sekali.

 

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak