4 Penyebab Munculnya Ketombe dan Cara Mengatasinya

Oktober 23, 2019

4 Penyebab Munculnya Ketombe dan Cara Mengatasinya

          Ketombe tidak hanya membuat gatal di kepala, namun juga membuat kamu tidak percaya diri apalagi ketika memakai baju hitam. Ketombe adalah serpihan kulit kepala yang terbentuk karena beberapa faktor. Berikut ini adalah penyebab munculnya ketombe dan cara mengatasinya:

1. Terlalu Sering Keramas
          Keramas memang membuat rambut menjadi lebih bersih dan bebas ketombe. Namun terlalu sering keramas akan membuat minyak alami rambut menjadi hilang dan membuat kulit kepala memproduksi lebih banyak untuk menggantikan minyak yang hilang. Penumpukan minyak ini membuat ketombe lebih sering muncul. Perhatikan jarak waktu keramas sehingga kamu tidak membuat kulit kepala menjadi lebih berminyak. Kamu juga harus membilas rambut dari sampo sampai bersih. Penumpukan sampo dan sisa residu dapat memicu ketombe di rambut.

2. Kebiasaan Makan Tidak Bergizi
          Kulit rambut yang sehat juga harus dijaga dari apa yang kamu makan. Makanan susu berlemak seperti keju dan krim memicu timbulnya ketombe pada beberapa orang. Makanan ini dapat meningkatkan pergantian sel kulit dan menimbulkan ketombe. Makanlah makanan yang kaya akan seng seperti tiram, daging merah, unggas, kacang-kacangan, dan makanan laut yang dapat membantu mengendalikan produksi minyak kepala.

3. Faktor Stres
          Tingkat stres yang tinggi dapat memperburuk kondisi kulit kepala. Stres dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Untuk mengatasinya, cobalah mengatur napas dalam-dalam, menenangkan diri dengan melakukan yoga atau sejenak bersantai.

4. Terlalu Sering Menata Rambut
          Menggunakan pomade yang tebal atau minyak tertentu berpotensi memperburuk ketombe. Kurangi pemakaian produk penata rambut apabila produk tersebut menjadi salah satu penyebab timbulnya ketombe. Hal ini dikarenakan produk penataan rambut dapat menumpuk di kulit kepala dan memerangkap minyak kulit kepala.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak