4 Mitos Seputar Stretch Marks

September 03, 2019

4 Mitos Seputar Stretch Marks

          Stretch marks seringkali mengganggu penampilan para wanita terutama bagi mereka yang sudah melahirkan. Guratan berlekuk panjang berwarna putih ini seringkali muncul di daerah paha, perut, bokong, dada, dan lengan. Stretch marks didapatkan karena perubahan badan yang secara mendadak menjadi lebih kurus atau lebih gemuk. Ada beragam mitos tentang stretch marks. Salah satu mitos yang paling sering dipertanyakan adalah apakah stretch marks dapat hilang? Mari kita bahas satu persatu!

Mitos 1: Stretch marks hanya disebabkan oleh berat badan
          Sebagian besar stretch marks memang dipengaruhi oleh perubahan berat badan yang drastis. Namun ternyata munculnya stretch marks tidak hanya disebabkan oleh berat badan. Stretch marks terjadi karena saat kulit merenggang, lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Penyebab stretch marks dapat terkait dengan usia, genetika, hormon, dan banyak lagi.

Mitos 2: Stretch marks hanya dialami wanita
          Terbentuknya stretch marks tidak terkait dengan jenis kelamin. Ini artinya pria pun bisa mendapatkan stretch marks. Hal ini menjadi mitos karena biasanya wanita lebih vokal terhadap penampilannya, padahal pria pun bisa memiliki stretch marks.

Mitos 3: Kita tidak dapat mencegah stretch marks
          Stretch marks yang diturunkan secara genetik memang tidak dapat dicegah, namun stretch marks yang terbentuk karena perubahan berat badan bisa untuk dicegah. Stretch marks dapat dicegah dengan cara mempertahankan berat badan dan diet yang sehat sehingga tidak ada perubahan besar di berat badan. Kamu juga bisa mencegahnya dengan cara menjaga kulit tetap terhidrasi menggunakan bantuan skin care untuk meminimalkan timbulnya stretch marks.

Mitos 4: Kita tidak bisa mengobati stretch marks
          Tampilan stretch marks bervariasi, ada yang berwarna merah, pink ungu dan kelamaan berubah menjadi putih atau kelabu tergantung warna kulit. Jenis dan warna stretch marks sendiri berbeda cara menyamarkannya. Stretch mark dengan warna merah jauh lebih mudah untuk diatasi daripada yang berwarna putih atau kelabu, yang berarti stretch mark warna merah dapat memudar seiring waktu. Meskipun kamu bisa memperbaiki tampilan stretch marks, ada beberapa yang mungkin tidak hilang sepenuhnya. Stretch mark adalah bekas luka, dan bekas luka pada dasarnya sulit untuk diperbaiki atau dihapus. Meskipun stretch mark dapat disamarkan dengan lebih baik, stretch mark mungkin tidak sepenuhnya hilang.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak