4 Mitos Perawatan Kulit Pria yang Wajib Diketahui

Juli 09, 2019

4 Mitos Perawatan Kulit Pria yang Wajib Diketahui

Banyak pria yang tidak mengerti bagaimana cara baik dan benar untuk merawat diri. Tak jarang, pria termakan berbagai mitos dalam perawatan wajah. Nah, mitos inilah terkadang sering diterapkan oleh kaum pria. Ada empat mitos perawatan wajah pria yang wajib diketahui:

1. Sering cuci wajah agar bebas minyak

Mencuci wajah terlalu sering justru membuat kulit menjadi kering dan memicu produksi minyak berlebih. Akibat hormon testosteron, pria memiliki kulit wajah yang lebih tebal 20-25 persen dibandingkan wanita. Hormon tersebut membuat kelenjar sebasea pria bekerja dua kali lebih aktif dan akhirnya membuat kulit pria cenderung lebih berminyak. Untuk mengontrol minyak, jangan lupa cuci wajah sebanyak dua kali sehari dan gunakan pelembab yang oil free.

2. Pria merawat diri tidak maskulin

Merawat kulit tidak akan mengubah pria menjadi wanita. Tidak perlu takut dibilang tidak maskulin jika pria melakukan perawatan kulit. Justru dengan merawat kulit, pria terlihat lebih baik di depan banyak perempuan. Ditambah, akan banyak perempuan yang suka jika prianya terlihat bersih dan terawat dibanding buluk. Setidaknya, pria harus tahu cara membersihkan dan melindungi kulit wajah. Pria bisa menggunakan pelembab dan tabir surya untuk melindungi wajah dari sengatan sinar matahari. Gunakan facial wash setelah beraktivitas seharian. Lakukan juga exfoliate dengan face scrub sekitar dua kali seminggu.

3. Jerawat pria susah disembuhkan

Pria memang rentan berjerawat, karena kulitnya lebih berminyak dibanding wanita. Namun, bukan berarti jerawat lebih susah disembuhkan. Jerawat membutuhkan perawatan lebih intensif, sementara pria malas atau gengsi merawat kulit. Itu lah yang menyebabkan jerawat sulit disembuhkan. Seandainya, pria juga rajin merawat kulit apalagi jika memiliki jerawat pasti jerawat mudah dihilangkan. Selain perawatan, perhatikan juga makan dan minuman yang dikonsumsi. Hindari makanan berminyak dan manis, serta jangan sering begadang.

4. Merokok membuat cepat tua

Rokok mengandung ribuan zat berbahaya yang membuat kulit kurang oksigen dan nutrisi. Ini merusak kolagen dan kurangnya elastisitas kulit. Tidak heran jika kulit pria perokok lebih cepat kendur, keriput, dan terlihat tua. Perokok biasanya memiliki smoker’s line di sekitar mulu karena sering menghisap rokok berulang. Sebenarnya, keriput pada pria muncul lebih lambat dibanding wanita. Tapi, kalau sudah perokok berat maka memang akan terlihat lebih cepat tua. Terlebih, rentan kanker kulit, salah satunya karsinoma sel skuamosa yang biasa muncul di sekitar mulut.

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak