4 Mitos Jerawat yang Perlu Kamu Tahu

Desember 21, 2019

4 Mitos Jerawat yang Perlu Kamu Tahu

Banyak sekali mitos tentang jerawat yang dipercaya oleh banyak orang. Mulai dari penyebabnya hingga cara penanganannya. Jerawat menjadi permasalahan banyak orang. Penyebabnya bisa berbagai faktor, seperti bakteri, adanya peradangan, infeksi, dan sumbatan pori-pori. Agar, tidak keliru pemahaman dan cara mengatasinya lebih baik kenali dulu mitos jerawat ini,

1. Jerawat terjadi hanya pada orang yang masih puber

Dulu sebelum teknologi secanggih sekarang orang beranggapan jerawat hanya muncul saat pubertas saja. Padahal, jerawat bisa muncul di usia berapa pun bahkan pada wanita menopause. Tapi, memang lebih banyak terjadi pada saat masuk masa puber, karena terjadi ketidakseimbangan antara hormon laki-laki atau testosteron dan hormon perempuan atau estrogen. Nah, meningkatnya kelenjar minyak ini dipengaruhi hormon testosteron hingga produksi minyak berlebih.

2. Jerawat bisa diatasi dengan facial

Mengatasi jerawat tidak hanya dengan memencetnya atau memijat dengan alat-alat sampai nanahnya keluar. Justru tindakan itu akan membuat luka di kulit, terutama pori-pori. Apalagi, bila dipencet dengan tangan yang tidak bersih atau alat tidak steril maka bisa terjadi infeksi dan peradangan.

3. Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat

Jerawat batu itu tidak ada dalam dunia medis. Itu hanya sebutan atau istilah awam untuk jerawat yang besar, bernanah, dan keras seperti batu. Jerawat batu ini terbentuk karena infeksi, sehingga timbul nanah di dalam pori-pori dan bentuknya menonjol keras.

4. Jerawat muncul karena faktor makanan

Kebanyakan orang mengatakan, mengkonsumsi makanan tertentu seperti kacang, berminyak, dan pedas bisa memicu jerawat tumbuh. Sebenarnya, makanan sama sekali tidak mempengaruhi tumbuhnya jerawat, itu hanya persepsi saja. Jerawat hanya disebabkan karena kandungan minyak berlebih dan kotoran yang menghambat pori-pori.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak