3 Jenis Bahan Pelembab yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli Skin Care

Oktober 17, 2019

3 Jenis Bahan Pelembab yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli Skin Care

          Memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit merupakan hal yang perlu kamu perhatikan. Tentunya untuk mencegah pelembab yang kamu pakai tidak bekerja dengan efektif, kamu harus pandai-pandai mengidentifikasi bahan dalam skin care. Salah satu langkah utama sebelum membeli pelembab wajah adalah mengetahui bahwa ada 3 jenis bahan pelembab yaitu emollient, humectants, dan occlusives.

1. Emollient
          Ketika kulit menjadi kering, retak dan mengelupas, kulit akan meninggalkan celah kecil di antara sel-sel kulit. Emollient mengisi celah-celah kecil ini sehingga membuat permukaan kulit lebih halus dan rata serta mencegah tekstur bersisik yang kasar. Beberapa emollient yang biasanya terdapat dalam bahan skin care yaitu squalane dan shea butter.

2. Humectants
          Cara kerja humectants bukan hanya mengisi celah-celah kecil sel kulit atau mengunci kelembaban, humectants sebenarnya membantu menghasilkan kelembaban di kulit. Humectants menarik kelembaban dari lingkungan juga dari lapisan kulit yang lebih dalam untuk membantu menghidrasi permukaan kulit. Hal ini karena permukaan kulit merupakan bagian yang paling rentan dan cepat kehilangan kelembaban. Pada dasarnya, humectants bekerja untuk meningkatkan kadar air di kulit itu sendiri. Beberapa humectants yang sering ditemukan dalam pelembab yaitu asam hialuronat, gliserin, dan lidah buaya.

3. Occlusives
          Seperti yang disebutkan sebelumnya, kelembaban mudah hilang dari kulit. Untuk membantu kelembaban bertahan lama, dibutuhkan bahan occlusives. Occlusives pada dasarnya membentuk segel pelindung pada permukaan kulit untuk membantu kulit tetap terjaga kelembabannya. Karena konsentrasinya lebih berat dibandingkan emollient dan humectants, bahan occlusives tidak disarankan bagi pemilik kulit berjerawat, namun sangat baik bagi pemilik kulit kering. Beeswax, lecithin, dan lanolin merupakan bahan pelembab yang occlusives.

 


Product Recommendation : Swissvita All Use Cream




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak