10 Penyebab Breakout Butuh Waktu Lama untuk Sembuh

Juli 11, 2019

10 Penyebab Breakout Butuh Waktu Lama untuk Sembuh

Masalah breakout biasanya muncul akibat reaksi negatif dari ketidakcocokan kulit dengan produk kecantikan yang digunakan. Masalah ini bisa menjadi masalah besar untuk sebagian perempuan. Sebab, masalah kulit yang akan muncul biasanya jerawat, kemerahan, iritasi, dan lainnya. Parahnya, breakout biasanya membutuhkan waktu lama untuk sembuh sehingga membuat sebagian perempuan gemas untuk segera mengatasinya. Nah, sebenernya ada sejumlah faktor penyebab breakout butuh waktu lama untuk sembuh.

1. Pakai produk yang salah

Sebelum menggunakan produk kecantikan, baiknya kenali bahan kandungan di dalamnya. Apakah termasuk comedogenic or non-comedogenic. Bahan comedogenic biasanya mengandung mineral oil, paraben, alkohol, hingga parfum. Tak hanya itu, terlalu sering mengaplikasikan produk jerawat juga bisa mennyebabkan kulit menjadi kering. Akibatnya, wajah menjadi lebih banyak memproduksi minyak dan mudah berjerawat.

2. Produk perawatan rambut

Sulfat (cleansing agent) dan moisturizing yang terkandung dalam shampoo atau kondisioner merupakan kandungan yang dapat meresap dan menyumbat pori-pori. Untuk mencegah jerawat, usahakan cuci rambut dengan memiringkan kepala agar busa sampo tidak ke wajah. Pastikan bilas rambut dengan bersih tanpa sisa.

3. Melakukan scrubbing terlalu kasar

Menggosok kulit terlalu kasar bisa membuat kulit iritasi dan kering bahkan memicu jerawat. Baiknya, lakukan dengan perlahan dan lembut jika ingin lebih efekstif dalam membersihkan pori-pori. Serta, gunakan scrub yang mengandung bahan asam alfa hidroksi, asam glikolat, dan lakatat.

4. Pencet jerawat

Memencet jerawat dapat mendorong bakteri lebih dalam ke pori-pori, menyebar di bawah permukaan kulit, sehingga memicu jerawat berkali lipat lebih banyak. Inilah yang membuat breakout lama sembuhnya.

5. Sering menyentuh wajah

Sering menyentuh wajah dengan tangan kotor adalah kebiasaan buruk yang harus diubah. Bakteri yang ditransfer oleh tangan pindah ke wajah yang menyebabkan muncul jerawat dan bruntusan.

6. Stres

Stres menjadi pemicu jerawat karena kulit menghasilkan hormon stres termasuk kortisol yang dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi testosteron. Akibatnya, kulit makin banyak menghasilkan minyak sehingga pori tersumbat. Untuk mengatasi stres, kamu bisa olahraga, bermeditasi, hingga me time secara rutin.

7. Salah pilih produk deterjen

Pemilihan produk deterjen berpengaruh pada kulit wajah. Menggunakan produk yang salah dapat memperparah breakout apalagi untuk mencuci seprai dan sarung bantal. Jika kulit sensitif, baiknya mengganti produk pencuci pakaian dengan bebas pewangi, pewarna, dan dirancang untuk kulit sensitif. Khusus hijabers, baiknya tidak mencuci hijab ataupun inner hijab menggunakan pewangi pakaian. Cukup gunakan deterjen yang ramah untuk kulit.

8. Sering pakai topi

Bagi sebagian wajah sedang berjerawat, menggunakan topi memang pilihan tepat untuk terlindung dari sinar matahari selain penggunaan sunscreen. Namun, terlalu lama menggunakan topi dapat merangkap keringat dan mendatangkan bakteri dan menyumbat pori-pori. Hindari penggunaan topi yang terlalu ketat yang dapat menggesek permukaan kulit karena bisa menimbulkan jerawat.

9. Kurang tidur

Kurang tidur membuat hormon menjadi tidak seimbang dan mengurangi kelembapan kulit. Hasilnya, kulit akan bekerja ekstra memproduksi minyak hingga berlebih. Hal inilah yang menyebabkan pori-pori menjad tersumbat dan tumbuh jerawat.

10. Hobi makan pedas

Tomat dan cabai menjadi bahan utama yang bikin pedas mengandung asam lycopene dapat menyebabkan kulit iritasi bagi sebagian orang, mengurangi kadar pH kulit, serta memicu jerawat.

 

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Ini Bahayanya Membiarkan Kulit yang Kering
Ini Bahayanya Membiarkan Kulit yang Kering

Desember 05, 2019

Kulit kering akan membuat tampak kusam dan terlihat tua. Namun, sebenarnya ada bahaya yang tersimpan di dalamnya.

Baca lebih banyak

Cara Mengetahui Apakah Kamu Terlalu Banyak Memakai Skin Care
Cara Mengetahui Apakah Kamu Terlalu Banyak Memakai Skin Care

Desember 05, 2019

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Makan terlalu banyak makanan manis bisa menyebabkan kadar gula darah naik, makan terlalu banyak sayur membuat

Baca lebih banyak

9 Sayur dan Buah yang Bikin Kulit Auto Glowing
9 Sayur dan Buah yang Bikin Kulit Auto Glowing

Desember 05, 2019

Kita semua pernah mendengar ungkapan "kamu adalah apa yang kamu makan." Ungkapan ini ada benarnya ketika menyangkut tentang kesehatan. Tentunya

Baca lebih banyak