10 Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Juli 09, 2019

10 Manfaat Tomat untuk Kesehatan

          Tomat memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan lho, Ladies! Dari ujung kepala sampai ujung kaki, kamu dapat merasakan manfaatnya yang luar biasa. Selain murah dan dapat disajikan dengan beragam cara, tomat juga bisa dijadikan bagian dari diet seimbang untuk menurunkan berat badan lho! Ini dia manfaat-manfaat lainnya yang akan membuatmu rajin makan tomat!

1. Tomat membantu mencegah beberapa jenis kanker
          Sejumlah penelitian telah dilakukan yang menunjukkan bahwa tingginya tingkat likopen dalam tomat bekerja untuk mengurangi peluang kamu terkena kanker prostat, kolorektal, dan lambung. Likopen adalah antioksidan alami yang bekerja secara efektif untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. Tomat yang sudah dimasak menghasilkan lebih banyak likopen.

2. Tomat menyediakan antioksidan penting
          Tomat mengandung banyak Vitamin A dan Vitamin C. Vitamin dan beta-karoten ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas berbahaya dalam darah. Radikal bebas dalam aliran darah berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan sel. Semakin merah tomat yang kamu makan berarti semakin banyak beta-karoten yang dikandungnya. Selain itu, perlu diketahui bahwa memasak tomat akan menghancurkan kandungan Vitamin C di dalamnya, jadi untuk manfaat ini, tomat harus dimakan mentah.

3. Tomat baik untuk kulit
          Tomat mengandung likopen tingkat tinggi, yang merupakan zat yang digunakan dalam beberapa pembersih wajah. Membuat kulit menjadi lebih halus dan beregenerasi dengan mudah.

4. Tomat menjaga kadar gula darah
          Tomat kaya akan mineral berharga yang dikenal sebagai kromium. Zat kromium ini bekerja secara efektif untuk membantu penderita diabetes menjaga kadar gula darah mereka di bawah kontrol yang lebih baik.

5. Tomat baik untuk mata
          Vitamin A yang ditemukan dalam tomat sangat baik untuk meningkatkan penglihatan. Selain itu, makan tomat adalah salah satu makanan terbaik untuk mencegah kebutaan malam.

6. Tomat baik untuk rambut
          Vitamin A dalam tomat berfungsi sempurna untuk menjaga rambut agar berkilau dan kuat.

7. Tomat membantu menjaga tulang yang kuat
          Tomat mengandung banyak kalsium dan Vitamin K. Kedua nutrisi ini sangat penting dalam memperkuat dan melakukan perbaikan kecil pada tulang serta jaringan tulang.

8. Tomat membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh merokok
          Tomat mengandung asam coumaric dan asam klorogenik yang berfungsi melindungi tubuh dari karsinogen (zat pemicu kanker) yang dihasilkan dari asap rokok.

9. Tomat baik untuk jantung
          Adanya Vitamin B dan potasium dalam tomat, keduanya efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Dengan memasukkan tomat ke dalam menu diet kamu, secara efektif dapat mencegah serangan jantung, stroke, dan banyak masalah terkait jantung lainnya yang dapat mengancam hidup.

10. Tomat baik untuk ginjal
          Menambahkan tomat tanpa biji ke dalam makanan telah dibuktikan dalam beberapa penelitian untuk mengurangi risiko batu ginjal.

Share ke temanmu supaya rajin makan tomat mulai dari sekarang yuk! :)




Dan juga Beauty Tips

7 Tips Atasi Mata Lelah
7 Tips Atasi Mata Lelah

Desember 12, 2019

Puasa dapat menyebabkan mata lelah karena kurang tidur. Kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut ini. Dijamin ampuh.

Baca lebih banyak

7 Keajaiban Menggunakan Face Oil Secara Rutin
7 Keajaiban Menggunakan Face Oil Secara Rutin

Desember 12, 2019

Face oil tengah digandrungi para wanita, karena memiliki manfaat luar biasa untuk kulit wajah.

Baca lebih banyak

5 Tips Merawat Alis Mata Tetap Sehat dan Tidak Mudah Rontok
5 Tips Merawat Alis Mata Tetap Sehat dan Tidak Mudah Rontok

Desember 12, 2019

Meski terkesan sepele, alis juga perlu dirawat agar tetap sehat dan tidak mudah rontok.

Baca lebih banyak