10 Makanan yang Baik untuk Kulit Berminyak

November 11, 2019

10 Makanan yang Baik untuk Kulit Berminyak

Pasti menyebalkan memiliki kulit berminyak. Biasanya kulit rentan berjerawat jika kulit berminyak. Kulit berminyak bisa diatasi dengan berbagai macam cara. Selain menggunakan skincare, kamu bisa mengubah gaya hidup lebih sehat dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kulit berminyak. Ada beberapa makanan yang bisa kamu makan agar kulit berminyak kamu tidak menjadi berlebih.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah makanan terbaik untuk kulit berminyak. Sayuran ini mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Kamu bisa menambahkan sedikit sayuran hijau ini ke menu makanan sehari-hari.

2. Makanan rendah gula

Makanan manis akan menaikkan kadar insulin dalam tubuh sehingga mengakibatkan peradangan dan naiknya kadar hormon yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Sebaiknya, kamu mengurangi makanan yang rendah gula dan pilih manis alami.

3. Makanan mengandung air

Makanan yang mengandung air dalam jumlah banyak ini baik untuk kulit berminyak. Air mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi buah seperti jeruk bali dan mentimun. Jeruk bali mengandung banyak air, vitamin C, dan serat yang berguna untuk menyerap minyak berlebih di kulit. Mentimun memiliki 95 persen kandungan air dengan manfaat bisa mengeluarkan racun dan menghidrasi kulit dengan baik. Serta, jangan lupa untuk minum air putih sesuai kebutuhan.

4. Makanan yang mengandung Omega 3

Ikan mengandung banyak asam lemak omega 3 yang membantu mengeluarkan racun dari kulit dan membuatnya terhidrasi. Misalnya, ikan salmon dan tuna. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan kulit. Kacang mengandung anti-inflamasi yang memperbaiki tekstur kulit. Namun, tidak dibenarkan jika mengonsumsi kacang secara berlebih karena akan membuat kondisi kulit semakin parah.

5. Makanan mengandung vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan alami yang dibutuhkan untuk kebaikan pembuluh darah, pembentukan kolagen, sendi, serta mengurangi jerawat meradang. Vitamin C juga berguna untuk memulihkan kulit yang mengalami bekas jerawat.

Kamu bisa mengonsumsi jeruk lemon yang bermanfaat mengatasi wajah berminyak dan membuang toksin dari tubuh. Minumlah lemon dengan dicampur dengan air hangat setiap pagi untuk menyegarkan kulit dari dalam, menyembuhkan jerawat, meminimalisir infeksi kulit, dan meregulasi produksi minyak.

Citrus tidak hanya mengandung vitamin C tetapi membantu detoks dan mengurangi minyak berlebih. Citric acid yang terkandung dalam buah citrus juga bisa mengeringkan jerawat dan memperbaiki tekstur kulit.

6. Makanan yang mengandung vitamin E

Buah pisah dan alpukat mengandung vitamin E yang baik untuk kecantikan kulit. Pisang mengandung vitamin E, fosfat, dan potasium yang membantu detoks dan mengecilkan pori-pori jika dikonsumsi setiap hari. Alpukat mengandung asam lemak yang baik untuk kulit dan mencegah mengeluarkan minyak berlebih dari pori-pori wajah. Alpukan juga merupakan sumber antioksidan carotenoid yang dapat mengencangkan kulit dan memperbaiki skin tone.

7. Makanan yang kaya serat

Serat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan memberi nutrisi. Memakan makanan kaya serat akan membantumu merasa kenyang lebih lama dan mencerahkan warna kulit. Kamu bisa mengonsumsi oatmeal, jagung, nasi merah, dan lainnya.

8. Makanan yang mengandung probiotik

Makanan ini dikenal membantu mengurangi peradangan pada usus yang dapat mengurangi jerawat dan kulit berminyak. Misalnya, kol, yogurt, kefir, coklat hitam, acar, tempe, kimchi, dan teh kombucha.

9. Air kelapa

Minuman alami yang baik untuk hidrasi kulit, menjaga kebersihan kulit, dan mencegah jerawat. Air kelapa juga merupakan sumber vitamin C, riboflavin, kalsium, dan mineral baik seperti magnesium, potasium, dan manganese.

10. Minum jus

Buah dan sayuran yang mengandung beta karoten dapat membantu mengurangi minyak, jerawat, juga peradangan pada wajah. Minum jus buah dan sayur berguna mengeluarkan segala macam racun, menjaga kulit tetap mulus, berminyak, hingga mencegah jerawat.

Produk rekomendasi :






Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak