10 Kebiasaan yang Menyebabkan Bibir Kering, Kelamaan di Ruangan ber-AC Salah Satunya?

Febuari 13, 2019

10 Kebiasaan yang Menyebabkan Bibir Kering, Kelamaan di Ruangan ber-AC Salah Satunya?

Bibir kering menjadi salah satu masalah yang sering dialami kaum perempuan. Memiliki bibir kering memang menjengkelkan dan menganggu penampilan. Jika kamu sedang mengalami bibir kering, baiknya kenali penyebab dulu. Bisa jadi bibir kering yang kamu alami ini disebabkan oleh kebiasaan tanpa sadar yang dilakukan selama ini.

Kurang minum air putih

Bibiar akan menjadi kering bila kondisi tubuhmu mengalami dehidrasi. Maka itu, penting untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum delapan gelas air putih per hari.

Sering menjilat lidah

Banyak orang salah kaprah tentang pemahaman jilat lidah bisa membuat bibir menjadi lembab. Justru, sebaliknya bisa membuat bibir kehilangan kelembapan alami sehingga menjadi kering dan pecah-pecah. Kebiasaan menggigit bibir juga membuat bibir kering.

Tidak menggunakan lip balm

Tak hanya tubuh, bibir juga membutuhkan kelembapan dari luar. Untuk menjaga kelembapan bibir, pastikan menggunakan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik dan tidur. Disarankan, memilih lip balm yang mengandung SPF agar bibir juga terlindung dari pengaruh buruk sinar matahari.

Tidak cocok dengan lipstik yang digunakan

Siapa yang bibirnya justru menjadi kering ketika mengaplikasikan lipstik?. Bila mengalami hal tersebut, kemungkinan kamu tidak cocok dengan kandungan lipstik yang digunakan. Untuk mengetahuinya, kamu bisa gunakan lip balm sebelum pakai lipstik. Bila masih menjadi kering, artinya lipstik kamu memang tidak cocok dengan bibirmu.

Bernapas lewat mulut

Bernapas melalui mulut dapat menyebabkan bibir kering karena udara yang lewat menghilangkan kelembapan alaminya. Sebab, bernapas lewat mulu membutuhkan banyak oksigen sehingga harus mengurangi kebiasaan ini.

Terlalu lama di ruangan ber-AC

Udara yang dingin dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah, salah satunya di dalam ruangan ber-AC.

Sakit

Kondisi tubuh yang lemah, sakit, atau kurang sehat juga bisa menjadi salah satu penyebab bibir kering.

Kebanyakan konsumsi garam

Garam dapat mengikat cairan dalam tubuh sehingga menjadi dehidrasi dan menyebabkan bibir kering. Baiknya kurangi makanan junk food dan makanan instan lalu perbanyak konsumsi buah serta sayur.

Kekurangan zat gizi

Bibir kering juga dapat menjadi tanda tubuh sedang kekurangan zat gizi seperti asam folat dan riboflavin atau vitamin B2.

Enzim

Enzim pada cairan ludah berfungsi memecah zat gizi pada makanan saat pertama kali masuk ke mulut. Enzim ini melakukan hal serupa pada bibir kamu sehingga cepat kering. 

Produk rekomendasi :




Dan juga Beauty Tips

Cara Pakai Skincare Vitamin C agar Bekerja Maksimal
Cara Pakai Skincare Vitamin C agar Bekerja Maksimal

Juni 18, 2019

Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit, jika dipakai dengan aturan tepat. Begini cara pemakaian vitamin C yang tepat agar bekerja optimal untuk kecantikan kulit.

Baca lebih banyak

5 Bagian Tubuh yang Paling Cepat Keriput
5 Bagian Tubuh yang Paling Cepat Keriput

Juni 18, 2019

Seluruh bagian tubuh akan mengalami proses penuaan. Namun, ada bagian tubuh yang paling rentan keriput dibanding area lainnya.

Baca lebih banyak

4 Rahasia Mencegah Penuaan yang Jarang Diketahui Orang
4 Rahasia Mencegah Penuaan yang Jarang Diketahui Orang

Juni 17, 2019

Mencegah penuaan kulit bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

Baca lebih banyak