10 Cara Mudah Atasi Kulit Tangan yang Kering

Agustus 07, 2019

10 Cara Mudah Atasi Kulit Tangan yang Kering

          Ketika cuaca menjadi dingin, udara jadi mengering kemudian menyebabkan kurangnya kelembaban di kulit terutama di tangan. Pekerjaan yang membutuhkan mencuci tangan setiap hari seperti dokter, perawat, pencuci piring atau penata rambut menjadi lebih rentan terhadap kulit kering karena sering terkena bahan kimia atau sabun. Selain tidak enak dipandang, tentunya kebiasaan yang membuat kulit kering ini lama kelamaan akan membuat kulit menjadi pecah-pecah dan semakin sulit diatasi.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengikuti 10 cara untuk mempertahankan kelembaban kulit :

1. Gunakan pelembab
          Saat ini mudah sekali mencari krim pelembab khusus untuk tangan. Setelah mencuci tangan, gunakan krim pelembab untuk mengembalikan kadar air dalam kulit.

2. Oleskan lidah buaya
          Salah satu bahan yang menjadi favorit adalah lidah buaya. Lidah buaya dikenal karena sifat antibiotik dan anti-inflamasi. Untuk mengaplikasikannya, kamu tidak perlu resep tertentu. Langsung dioleskan juga bisa, atau kamu bisa memakai aloe vera gel yang sudah banyak beredar di pasaran.

3. Lakukan eksfoliasi
          Eksfoliasi ringan pada kulit dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, kering, dan rusak. Kamu bisa mencampurkan minyak zaitun dengan 1 hingga 2 sendok makan gula pasir dan lakukan eksfoliasi ke seluruh bagian tangan.

4. Lindungi kulit dari sinar matahari
          Sinar matahari dapat mengeringkan kulit, menyebabkan luka bakar, dan lebih parahnya bisa menimbulkan kanker kulit. Kamu dapat mengaplikasikan sunscreen ke tangan dan seluruh tubuh untuk mencegah paparan sinar matahari langsung.

5. Kenakan sarung tangan
          Jika kamu termasuk orang-orang yang harus terkena air setiap saat, mungkin kamu harus pertimbangkan untuk memakai sarung tangan karet. Terlalu lama kulit terendam air dapat menyapu minyak alami kulit sehingga membuat kulit semakin kering.

6. Cobalah melembabkan tangan semalaman
          Apabila tanganmu terasa super kering, kamu bisa mengaplikasikan lotion atau krim pelembab sebelum tidur. Pakailah dengan jumlah yang lebih banyak daripada di siang hari. Biarkan selama semalam sehingga kulit dapat menyerapnya.

7. Hindari pengering udara panas
          Selesai mencuci tangan, hindari menggunakan pengering udara yang panas. Meskipun tangan akan kering lebih cepat dari air, namun udara panas ini terlalu mengeringkan kulit. Sebaiknya mulai gunakan tissue atau tepuk tangan sampai kering.

8. Hindari sabun
          Meskipun membersihkan, namun bahan kimia dalam sabun memiliki efek yang mengeringkan kulit. Hindari mencuci tangan secara berlebihan menggunakan sabun.

9. Gunakan pelembab udara
Penggunaan pelembab udara elektronik di rumah bisa menjadi solusi tambahan apabila kamu hidup di lingkungan yang cenderung kering atau selama musim dingin. Tempatkan di kamar tidurmu dan rasakan perbedaannya.

10. Kurangi stres
          Bagi penderita eksim, stres dapat memicu wabah atau kambuh. Mengurangi stres dapat membantu seseorang dengan eksim agar tidak memiliki kulit kering di tangan mereka dan area tubuh lainnya.




Dan juga Beauty Tips

Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama
Bahayanya Pakai Masker Terlalu Lama

Desember 24, 2019

Jangan pakai masker terlalu lama jika tidak ingin merusak kulit.

Baca lebih banyak

5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan
5 Efek Buruk Tidur Terlalu Lama untuk Kesehatan

Desember 24, 2019

Tidur kelamaan bikin kondisi kesehatanmu menurun, bahkan bisa membuat depresi.

Baca lebih banyak

7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial
7 Efek Samping yang Bisa Muncul setelah Facial

Desember 24, 2019

Facial memang dapat mempercantik kulit, tapi juga memiliki efek samping yang perlu kamu tahu.

Baca lebih banyak