7 Kebiasaan yang Memicu Timbulnya Jerawat - ALLYOUNG INTERNATIONAL
7 Kebiasaan yang Memicu Timbulnya Jerawat

7 Kebiasaan yang Memicu Timbulnya Jerawat

Januari 30, 2019

Penyebab munculnya jerawat tidak melulu dari makanan, pola gaya hidup yang salah, atau stres saja. Tetapi, dari kebiasaan yang tidak disadari juga memengaruhi munculnya jerawat. Ada 7 kebiasaan yang tidak disadari memengaruhi munculnya jerawat:

  • 1. Menyentuh wajah dengan tangan kotor
  • Kulit menjadi rentan berjerawat karena kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan kotor. Bakteri dan kotoran yang menempel di tangan dapat menyumbat pori-pori kulit. Ini menjadi penyebab jerawat paling sering dilakukan banyak orang. Sebaiknya, kurangi kebiasaan ini dan mulailah menjaga kebersihan tangan dengan rutin menggunting kuku serta cuci tangan. Cucilah benda-benda yang sering digunakan sehari-hari seperti alat makeup, rutin mengganti handuk, lap wajah dengan tisu.

    2. Pakai kosmetik yang salah

    Pakai kosmetik yang salah dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan penumpukan komedo. Pilih jenis kosmetik yang berlabel khusus untuk kulit berminyak dan jerawat. Pastikan juga kosmetik memiliki label non komedogenik yang tidak menyumbat pori.

    3. Rambut yang kotor

    Rambut yang kotor bisa memengaruhi timbulnya jerawat di wajah. Apalagi, jika rambutnya berponi maka rentan pula berjerawat di dahi.

    4. Sering mencuci muka atau eksfoliasi kulit

    Sering mencuci muka dan atau eksfoliasi kulit dianggap dapat membuat wajah terlihat bersih dan cerah. Padahal, itu salah besar. Justru kulit akan rentan berjerawat karena dapat membuat iritasi dan semakin sensitif. Sebab, sebenarnya wajah memproduksi minyak untuk melembabkan dan melindungi wajah. Sering mencuci muka dapat menyebabkan acne detergicans yaitu kondisi di mana jerawat akibat reaksi terhadap zat yang terkandung dalam sabun atau pembersih. Bahan kimia yang ada di pembersih wajah bisa membunuh bakteri-bakteri baik yang secara alamiah melindungi kulit wajah dari bakteri wajah. Ini karena pembersih wajah tidak bisa membedakan bakteri baik dan jahat.

    5. Salah mencuci muka

    Bila salah mencuci muka juga bisa memeranguhi munculnya jerawat. Misalnya, terlalu lama menggosok, tidak menguncir rambut saat mencuci muka, tidak menggunakan handuk yang bersih ketika mengeringkan wajah.

    6. Pakai hair spray atau minyak rambut

    Produk hair spray atau minyak rambut bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori dan munculnya jerawat bila terkena wajah. Gunakan secukupnya, atur jarak penyemprotan hair spray dan tutupi wajah dengan ketika menyemprokatnnya.

    7. Jarang ganti hijab

    Jarang mengganti hijab juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat karena terkena bakteri atau kotoran yang menempel pada hijab. Bisa juga karena menggunakan pewangi pakaian pada jilbab, sehingga ketika mengenai kulit akan mudah berjerawat karena bahan kimianya.

    Produk rekomendasi:

    SWISSVITA ACNE SOOTHING CLEANSING CREAM SWISSVITA ACNE SOLUTION SKIN BALANCING TONER




    Dan juga Beauty&Health

    6 Pantangan Perawatan Wajah Sebelum Pernikahan
    6 Pantangan Perawatan Wajah Sebelum Pernikahan

    Febuari 20, 2019

    Ada sejumlah pantangan perawatan wajah yang wajib kamu hindari jelang pernikahan.

    Baca lebih banyak

    Hati-hati, Beberapa Bahan Skincare Ini Bikin Kulit Sensitif terhadap Sinar Matahari
    Hati-hati, Beberapa Bahan Skincare Ini Bikin Kulit Sensitif terhadap Sinar Matahari

    Febuari 19, 2019

    Tidak semua bahan skincare bisa digunakan di bawah teriknya sinar matahari. Ada beberapa bahan skincare yang bisa bikin kulit sensitif terhadap paparan sinar matahari.

    Baca lebih banyak

    5 Kesalahan Menggunakan Masker
    5 Kesalahan Menggunakan Masker

    Febuari 19, 2019

    Menggunakan masker terdengar mudah, namun rupanya banyak kesalahan tanpa sadar yang dilakukan perempuan.

    Baca lebih banyak